Nutrisi Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit

Perawatan kulit saja tidak bisa menjaga kesehatan kulit dalam jangka panjang dengan perawatan kulit yang teliti dari luar. Seimbangkan dengan asupan yang sehat. Kulit adalah organ terbesar kita dan saya sering menyebutnya sebagai “cermin ajaib”. Karena memberikan refleks eksternal yang sangat baik dari apa yang terjadi dalam tubuh kita.

Nutrisi spesifik yang kita makan dapat mendukung mikroba kulit yang hidup dan melindungi kulit dari jerawat, bekas luka, dan penuaan dini.

  1. Protein

Protein biasanya dianggap sebagai kekuatan pendorong untuk pembentukan otot, tetapi nutrisi ini juga bekerja secara misterius pada kulit. Ini karena kulit terutama terdiri dari protein. Jika kita tidak memenuhi kebutuhan protein harian, tubuh kita akan menarik cadangan dan dapat menurunkan kualitas kulit

Jadi, jika kita kulit tetap bersinar dan sehat, cobalah untuk memasukkan protein dalam setiap makanan. Terutama, jika kita adalah penikmat makanan nabati atau vegan, gandakan makanan seperti kacangkacangan dan bijibijian yang lezat.

  1. Vitamin E

Vitamin E merupakan antioksidan lemak sebagai perawatan kulit klasik yang dapat bekerja untuk menyembuhkan luka dan bekas luka pada kulit. Nutrisi ini juga baik dalam mencegah tubuh dari kerusakan yang dibuat oleh radikal bebas. Paparan radikal bebas beracun seperti sinar UV menyebabkan oksidasi, yang membuat kulit lelah dan menua.

Oleh karena itu, dosis harian vitamin E yang dianjurkan adalah 15 mg. Jadi makanlah lemak sehat, termasuk minyak zaitun dan alpukat segar.

  1. Biotin

Biotin sering disebut sebagai vitamin kecantikan untuk menguatkan rambut, kulit dan kuku. Campbell mengungkapkan bahwa biotin sebenarnya digunakan untuk membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Karena itu, jika ada cacat, tandanya bisa muncul seperti rambut atau kuku rapuh. Untuk makanan alami, ia menganjurkan untuk mengonsumsi telur (terutama kuning telur), ubi jalar, pisang, atau mengonsumsi suplemen biotin.

  1. Vitamin C

Antioksidan kuat ini, yang biasa ditemukan dalam serum dan losion, merupakan bahan perawatan kulit yang disukai oleh kulit. Vitamin C sangat ideal untuk mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dengan mengurangi stres oksidatif dan membantu produksi kolagen. Ini berarti Anda tidak boleh meremehkan buah jeruk, paprika merah segar, dan tomat lezat. Yang terbaik adalah menikmati makanan mentah yang kaya akan vitamin, karena Vitamin C larut dalam air dan dapat mengeluarkan vitamin dari makanan saat dimasak.

5. Kolagen

Berbicara tentang kolagen, turunan protein ini berperan penting dalam pembangunan kulit, rambut, tulang dan jaringan ikat. Produksi kolagen menurun seiring bertambahnya usia dan terlalu banyak terpapar sinar matahari. Dengan mengonsumsi kaldu tulang ikan dan ayam serta protein hewani, Anda dapat mengisi kembali kolagen dalam tubuh Anda.

  1. Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3, atau lemak tak jenuh, tidak hanya menurunkan kolesterol, tetapi juga melembabkan kulit dan membantu mengurangi kemerahan, dermatitis, dan jerawat. Jika Anda membutuhkan kulit yang sehat dan berkilau, mungkin ini saat yang tepat untuk mengikuti diet Mediterania yang kaya akan asam lemak omega 3. Pilih ikan daripada daging tanpa lemak, atau minyak zaitun daripada sumber nutrisi omega-3 lainnya seperti minyak kelapa sawit, alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Jika anda ingin merawat kecantikan ataupun kulit Anda. Anda dapat datang ke Klinik Kecantikan Bogor yang menyediakan banyak layanan kecantikan seperti di D’She D’Beauty Aesthetic. Disini kamu bisa melakukan perawatan kecantikan sesuai dengan keinginan.